Sport

Lorenzo Balik ke Yamaha, Jadi Pebalap Penguji

Jorge Lorenzo kembali memperkuat Yamaha di MotoGP 2020. Dia sudah resmi dikontrak untuk menjadi pebalap penguji tim garpu tala tersebut.

“Yamaha Motor Co. Ltd. dan Yamaha Motor Racing dengan bangga mengumumkan, juara dunia lima kali dan pebalap Yamaha yang sangat sukses Jorge Lorenzo akan memperkuat Yamaha Factory Racing Test Team untuk musim 2020,” demikian rilis yang diterima detikSport, Kamis (30/1/2020).

Kabar kembalinya Lorenzo ke Yamaha sebagai test rider terjadi tak sampai 24 jam setelah pabrikan asal Jepang itu mengumumkan kedatangan Fabio Quartararo sebagai pengganti Valentino Rossi di musim 2021. Yamaha sehari sebelumnya juga telah memperpanjang kontrak Maverick Vinales untuk periode 2021-2022.

Lorenzo musim lalu memutuskan menyudahi karier MotoGP-nya. Dia pensiun usai tampil sangat buruk di Repsol Honda, dengan gagal sekalipun finis di posisi 10 besar dalam 13 balapan yang diikuti.

Yamaha tentu saja bukan tim yang asing buat rider asal Spanyol berusia 32 tahun itu. Bersama Yamaha Lorenzo memulai kariernya di ajang MotoGP pada musim 2008. Memenangi tiga juara dunia MotoGP di sana, dia kemudian pindah ke Ducati pada 2017 dan kemudian memperkuat Repsol Honda di 2019.

Lorenzo akan langsung menggeber motor Yamaha pada MotoGP shakedown test, di Sirkuit Sepang, Malaysia 2-4 Februari dengan menunggangi YZR-M1. Yamaha juga memastikan Lorenzo akan tampil dalam Tes IRTA dan beberapa tes privat Yamaha sepanjang 2020.

Kehadiran Lorenzo diharapkan bisa membantu para insinyur Yamaha mengembangkan motor balap yang mumpuni untuk bersaing di musim 2020.

Source : Detik

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top