Babel

Ada Hotel di Bateng Larang Karyawannya Kenakan Hijab

Salah satu hotel di Kabupaten Bangka Tengah diduga melarang bagi karyawan perempuan mengenakan hijab. Hal ini terungkap disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dede Purnama Alzulami.

Dirinya menyesali ada regulasi atau aturan yang diterapkan oleh salah satu hotel di Kabupaten Bangka Tengah yang diduga melarang para karyawan perempuannya untuk mengenakan hijab. Ia mengungkapkan, informasi tersebut diterimanya dari para karyawan dan siswi SMK yang magang di hotel tersebut.

“Mereka nggak boleh pakai jilbab, saya tanyakan ke mereka yang semua ada di hotel itu, apakah betul ini peraturannya? Disampaikan mereka, ya,” kata pria yang akrab disapa Ustad Dede pada saat menyampaikan hasil resesnya di Ruang Banmus DPRD Babel, Jumat (31/1/2020).

Menurut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, aturan yang diterapkan oleh pihak hotel tersebut bertentangan dengan aturan undang-undang dan norma agama.

“Beragama ini kan sudah diatur oleh undang-undang, diantaranya kita punya hak untuk hidup sesuai dengan agama yang kita anut disini. Dan yang paling miris adalah anak-anak yang SMA, SMK, karena syarat mereka untuk bisa tamat dari sekolah harus magang,” ungkapnya.

“Pada saat di didik orang tua, dari kecil belajar dan orang tua sudah membina mereka memberikan pemahaman tentang agama, artinya, karakter mereka sudah terbentuk, tetapi karena hanya syarat untuk tamat sekolah, mereka harus melepaskan semua itu,” tambahnya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya meminta sekretaris dewan untuk mengundang Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Babel, pihak hotel, dan instansi-intansi terkait lainnya guna dimintai penjelasannya.

“Komisi IV dampingi kita untuk rapat dengar pendapat dengan PHRI, Kepala Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, dan seluruh pihak hotel yang ada di Babel, diundang semua Insya Allah Senin (3/2/2020) nanti,” tandas Didit. (ron/6)

Source : Rakyatpos

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top