LifeStyle

5 Manfaat Konsumsi Rambutan, Buah yang Tak Pernah Dimakan Nia Ramadhani

Tidak hanya penampilan, apapun yang dilakukan Nia Ramadhani selalu menjadi sorotan, termasuk soal mengupas atau mengonsumsi buah.

Jika sebelumnya Nia Ramadhani ramai jadi perbincangan karena tidak bisa mengupas buah salak, kini terungkap hal unik lain. Dalam sebuah acara Ngopi Dara, istri Ardi Bakrie tersebut mengaku tidak pernah makan buah rambutan.

“Makan rambutannya nggak pernah, sumpah gua, nggak pernah,” ungkap ibu tiga anak itu.

Nah, terlepas dari, mengonsumsi rambutan ternyata banyak manfaatnya lho bagi kesehatan. Misalnya, menyangkut diabetes, kesehatan jantung sampai menurunkan risiko kanker.

Berikut penjelasan manfaat mengonsumsi rambutan yang Okezone lansir dari Stylecraze :

Membantu pengobatan diabetes

Bagi para penyandang diabetes yang tidak disarankan mengonsumsi gula berlebih padahal masih membutuhkannya sebagai sumber energi, rambutan bisa dijadikan alternatif. Sebuah studi di China mengungkapkan jika kulit rambutan memiliki sifat anti-diabetes. Biasanya kulit rambutan direbus, lalu airnya diminum yang bermanfaat menurunkan kadar glukosa di dalam tubuh.

Rambutan

Meningkatkan kesehatan jantung

Sama seperti buah lainnya, rambutan mengandung serat yang terbilang tinggi sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Serat dapat membantu mengobati hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol.

Meningkatkan kesehatan tulang

Mineral lain yang terkandung dalam rambutan adalah fosfor sehingga membantu pembentukan tulang. Selain itu, ada pula vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Membantu mencegah kanker

Rambutan adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi melawan peradangan dan melindungi sel-sel di tubuh.

Vitamin C dalam buah juga membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kanker tertentu. Di sisi lain, kulit rambutan dapat mengubah dan mengganggu pertumbuhan sel kanker sehingga bisa digunakan untuk pengobatan kanker.

Melindungi tubuh dari infeksi

Penelitian menunjukkan jika rambutan memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Hal itu bermanfaat untuk melindungi tubuh dari banyak infeksi, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah pembentukan nanah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top