Politik

Ketua KPU Bateng Sebut Belum Ada Calon Independen yang Serius Ikut Kontestasi Pilkada 2020

Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Rusdi mengatakan samap saat ini belum terlihat ada calon independent yang benar-benar serius untuk maju dalam Pilkada 2020 Bateng.

Dia mengatakan, sampai saat ini baru satu orang perwakilan yang menanyakan terkait syarat maju sebagai calon independen.

Rusdi mengatakan syarat minimal suara yang ditentukan KPU sebenarnya tidak berat.

Namun, menurut dia, belum terlihatnya calon independen pada Pilkada Bateng 2020 terjadi karena kesiapan calon perorangan yang belum matang.

“Menurut penilaian kami sebenarnya tidak terlalu berat, berat itu kan bagi orang yang sudah pesimistis duluan,” ujar Rusdi, Jumat (10/1) di ruang kerjanya.

Ia juga menjelaskan penyerahan dukungan bakal calon perseorangan mengalami perubahan, yang awalnya tanggal 11 Desember 2019- 5 Maret 2020, berubah menjadi 19 Februari 2020 – 23 Februari 2020.

“Hal ini berdasarkan peraturan KPU nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan atau walikota dan wakil walikota Tahun 2020,” ujar Rusdi

Syarat untuk penyerahan jumlah minimum dukungan bakal calon perseorangan yang akan maju dalam Pilkada Bateng 2020 setidaknya sebanyak 12.213 pemilih. Ini merupakan 10 persen dari total daftar pemilih tetap pada pemilu 2019.

Lalu sebarannya minimal di empat kecamatan dari enam kecamatan yang berada di wilayah Bateng.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top